Menyisipkan File Dalam File Gambar

Written By Zainul.A on Sabtu, 21 Mei 2011 | 23.43


Mungkin sudah banyak yang tahu trik ini, menyisipkan file ke dalam file gambar. Bagi yang belum tahu akan saya jelaskan bagaimana caranya untuk menghasilkan file “.jpg” yang disisipi file lain.
Langkah 1
Persiapkan sebuah file gambar .jpg (misalkan namanya rain.jpg) dan file-file yang akan disisipkan ke dalamnya. Dengan menggunakan program pengolah file zip/rar, buat file zip/rar yang berisi file-file yang akan disisipkan kedalam file gambar. Misalnya saja file tadi diberi nama rahasia.zip atau rahasia.rar. Simpan kedua file tersebut (file rain.jpg dan rahasia.rar) dalam satu direktori.

Langkah 2
Setelah itu buka Command Prompt, dan lanjutkan dengan masuk ke direktori tempat menyimpan file-file tadi (misalkan di drive d). Selanjutnya, masih melalui Command prompt, jalankan perintah berikut:
d:\>copy /b rain.jpg+rahasia.rar silverain.jpg
atau
d:\>copy /b rain.jpg+rahasia.zip silverain.jpg
rain.jpg adalah contoh file gambar aslinya, rahasia.rar adalah nama file rar yang sebelumnya dibuat, dan silverain.jpg adalah nama file gambar baru bentukan dari kedua file tadi.
Jika misalnya Anda melihat file silverain.jpg dengan image viewer misalnya, akan nampak seperti file image biasa, dan dalam Windows Explorer pun misalnya, akan nampak tampilan thumbnailnya. Hanya saja, besar file-nya sekarang sudah membengkak karena memang ada “file lain” di dalamnya.
Catatan :
File ini (silverain.jpg) bisa di buka dengan cara : klik kanan pada file silverain.jpg lalu pilihlah [Open With] –> [Choose Program..]. Pilihlah WinRar/izarc lalu klik [OK].
File tersebut (silverain.jpg) juga bisa di ekstrak menjadi file gambar dan file-file yang disipkan kedalamnya
Program yang bisa digunakan untuk membuka dan mengekstrak file bentukan ini (silverain.jpg) adalah winrar dan izarc
Refferensi 1
Refferensi 2

0 komentar:

Poskan Komentar